Pages

Minggu, 14 Oktober 2012

Seni & Budaya


Kali ini Ibnu Setyawan akan memPostingkan Artikel tentang Pelajarn Seni budaya  :
  

 Pengertian Seni :   Seni berasal dari bahasa sani (sansekerta) yang berarti Pemujaan,Persembahan, dan Pelayanan, sedangkan menurut PADMAPUSPHITA kata SENI Berasal Dari Bahasa Belanda genie dalam bahasa latin disebut genius artinya kemampuan luar biasa yang di bawa sejak lahir.
 Seiring Dengan Perkembangan Waktu Banyak Definisi Seni Yang Di  ungkapkan para ahli, Diantaranya adalah :
a)          Everyma Encyklopedia
Dia berpendapat SENI adalah Sesuatu yang dilakukan orang, bukan atas dorongan kebutuhan pokoknya, melainkan karena kehendak kemewahan, kenikmatan, ataupun kebutuhan spiritual.

b)           Ensiklopedi Indonesia
Di dalam ensiklopedia Indonesia di nyatakan bahwa SENI merupakan ciptaan segala hal karena ke indahannya orang senang melihat atau mendengarkannya.

c)            Ki Hajar Dewantara
Dia Berpendapat, SENI adalah kegiatan manusia yang timbul dari hidupnya, perasaan, dan bersifat indah sehingga dapat menggetarkan jiwa perasaan manusia

d)            Akhdiat Karta Miharja
Dia berpendapat SENI adalah kegiatan rohani manusia yang merefleksikan kenyataan dalam suatu karya, bentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani.

e)            Prof. Drs. Suwaji Bastomi
Dia berpendapat SENI adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetis yang di nyatakan dalam bentuk agung, mempunyai daya untuk membangkitkan rasa takjub dan haru

0 komentar :

Posting Komentar